Tautan-tautan Akses

Putin Bertemu Menlu AS di Moskow


Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) menerima Rex Tillerson, ketika itu masih menjabat CEO Exxon-Mobil, di pinggiran Moskow 16 April 2012 (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin Rabu (12/4) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson, yang berkunjung meskipun Putin mengatakan hubungan Moskow dengan Amerika telah memburuk sejak Presiden Donald Trump mulai memangku jabatannya 3 bulan lalu.

Pemimpin Rusia itu berbicara dengan diplomat tertinggi Amerika itu setelah Tillerson bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membahas dukungan Moskow kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad dan serangan misil Amerika pekan lalu terhadap Suriah menanggapi penggunaan senjata kimia oleh Suriah dalam serangan terhadap warga sipil.

Putin pernah memberi Tillerson, mantan kepala perusahaan minyak raksasa Exxon Mobil, tanda penghargaan Rusia “Order of Friendship “ atau “Piagam Persahabatan”, tetapi pemimpin Rusia itu menyatakan pandangan negatif mengenai hubungan Amerika – Rusia dalam wawancara dengan saluran TV Mir.

Putin mengatakan, “Dapat dikatakan bahwa tingkat kepercayaan pada tingkat kerja, terutama di bidang militer, tidak menjadi lebih baik, tetapi kemungkinan besar telah memburuk."

Para pejabat keamanan nasional Amerika Selasa menyalahkan Assad atas serangan senjata kimia itu, dengan menolak pernyataan Rusia bahwa gas sarin itu merupakan provokasi pemberontak Suriah atau terjadi ketika pesawat-pesawat tempur Suriah menggempur gudang amunisi pemberontak. [sp]

XS
SM
MD
LG