Tautan-tautan Akses

Pakistan Tuduh India Ingin Berperang Lagi terkait Kashmir


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Nafees Zakaria (foto: dok).

Pakistan menuduh India menginginkan perang lagi dengan meningkatkan ketegangan di perbatasan de facto Kashmir. Pakistan memperingatkan negara saingannya itu agar tidak melakukan salah perhitungan strategis apapun.

Negara-negara bersenjata nuklir itu terlibat dalam bentrokan militer rutin di Line of Control (LoC), yang memisahkan wilayah Kashmir Pakistan dan India di kawasan Himalaya yang disengketakan itu.

Bentrokan terbaru, yang mencederai tentara dan warga sipil kedua pihak, tampaknya praktis membuat gencatan senjata bersama yang dicapai tahun 2003 tidak efektif, membuat hubungan bilateral turun ke tingkat terendah dalam beberapa bulan ini.

“Kami telah memperingatkan India agar tidak melakukan salah perhitungan strategis. Tampaknya India menginginkan konflik dengan Pakistan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Nafees Zakaria dalam konferensi pers mingguan hari Kamis.

Belum ada reaksi segera dari New Delhi terhadap pernyataan Pakistan tersebut.

Zakaria kembali menuduh India sengaja meningkatkan operasi-operasi militer di garis gencatan senjata Kashmir untuk mengalihkan perhatian internasional dari pelanggaran HAM terhadap penduduk setempat yang dilakukan pasukan India di wilayah Kashmir mereka. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG