Tautan-tautan Akses

Tillerson: ‘Terlalu Dini’ Untuk Pembicaraan AS-Korea Utara


Menteri Luar Negeri Rex Tillerson berbicara dalam konferensi pers with Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry setelah pertemuan di Istana Tahrir, di Kairo, Mesir, Senin, 12 Februari 2018.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan pada Senin (12/2) bahwa "terlalu dini" untuk membahas perundingan langsung dengan Korea Utara, AFP melaporkan. Pernyataan Tillerson berseberangan dengan Wakil Presiden Mike Pence yang mengatakan AS terbuka untuk melakukan pembicaraan.

Pence dikutip oleh harian Washington Post pada Minggu (11/2), mengatakan bahwa AS dan Korea Selatan telah menyetujui persyaratan untuk keterlibatan diplomatik di masa depan dengan Korea Utara.

Wapres itu mengatakan Amerika Serikat dan para sekutunya akan memberlakukan "tekanan keras dan meningkat" pada Pyongyang sampai negara itu mengambil "langkah yang jelas menuju denuklirisasi."

Namun dia mengatakan Gedung Putih bersedia untuk "duduk dan berbicara dengan rezim itu sementara tekanan terus berlangsung."

"Jika Anda ingin berbicara, kita akan bicara," surat kabar tersebut mengutip Pence.

Ditanya tentang artikel tersebut saat berkunjung ke Mesir, Tillerson mengatakan: "Saya pikir terlalu dini untuk menilainya." [as]

XS
SM
MD
LG