Tautan-tautan Akses

Peneliti Identifikasi 69 Obat yang Bisa Bantu Memerangi Virus Corona


Seorang teknisi laboratorium sedang mengetes sampel virus corona dari pasien di Northwell Health Lab, di Lake Success, New York, 11 Maret 2020. (Foto: Reuters)
Seorang teknisi laboratorium sedang mengetes sampel virus corona dari pasien di Northwell Health Lab, di Lake Success, New York, 11 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Sebuah tim peneliti internasional telah mengidentifikasi 69 obat dan senyawa yang bisa efektif untuk mengobati virus corona. Temuan itu muncul saat para ilmuwan berlomba untuk menemukan cara-cara baru untuk memerangi pandemi yang kini sedang berlangsung.

Para peneliti mengatakan lebih dari sepertiga obat sudah disetujui oleh Badan Obat-Obatan dan Makanan Amerika (Food and Drugs Administration/FDA) dan saat ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang tidak terkait, termasuk diabetes, kanker dan hipertensi.

Mereka mengatakan bahwa meneliti obat yang telah diketahui seperti itu mungkin merupakan metode yang lebih cepat untuk menemukan obat untuk virus corona daripada mencoba membuat obat antivirus baru dari awal.

Studi itu, ditulis bersama oleh hampir 100 peneliti, telah dipublikasikan di situs web untuk studi biologi pracetak yang disebut bioRxiv. Para peneliti mengatakan mereka telah mengirimkan hasil penelitian itu ke sebuah jurnal untuk publikasi.

Daftar obat-obatan yang berpotensi dapat digunakan itu beragam, menurut para peneliti. Obat-obatan tersebut termasuk metformin, yang dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, obat skizofrenia haloperidol, dan kloroquin, obat antimalaria yang telah menjadi berita utama karena potensinya untuk mengobati virus corona. [lt/pp]

XS
SM
MD
LG