Tautan-tautan Akses

AS Serang Suriah, Target Pimpinan ISIS


Anggota Pasukan Khusus AD AS memberikan pelatihan kepada para pejuang Iraq dari Hashid Shaabi di kamp Makhmur (11/12/2016). (foto: REUTERS/Mohammed Salem)

Operasi yang dilaksanakan oleh unit pasukan khusus Amerika yang bertugas melacak pimpinan ISIS di Suriah dan Irak telah dilakukan di provinsi Deir Ezzor sebagaimana dinyatakan oleh jurubicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut Jeff Davis.

Amerika berhasil melancarkan serangan terhadap pejuang ISIS di Suriah timur, dengan sasaran pimpinan ISIS.

Jurubicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut Jeff Davis, hari Senin mengatakan operasi itu dilakukan di provinsi Deir Ezzor oleh unit pasukan khusus Amerika yang bertugas melacak pimpinan ISIS di Suriah dan Irak.

Ia tidak mengatakan siapa target itu, tetapi mengatakan banyak data intelijen dikumpulkan dalam operasi tersebut.

Jurubicara itu mengatakan laporan organisasi pemantau, Syrian Observatory for Human Rights di London, bahwa 25 pejuang Muslim tewas dalam operasi itu, terlalu dibesar-besarkan. Ia tidak mengatakan berapa banyak orang yang tewas.

Sebagian besar Deir Ezzor, wilayah yang kaya minyak, dibawah kendali militan ISIS dan Amerika sebelumnya melakukan serangan udara dan aksi militer lain di wilayah itu.

Pasukan khusus Amerika, disebut satuan tugas gerak cepat, mengintensifkan serangan drone dan penggerebekan di Suriah dalam beberapa bulan ini terhadap pimpinan ISIS. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG