Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Ledakan di Suriah Capai 40 Orang


Petugas memeriksa lokasi ledakan bom di sebuah pasar yang sibuk di kota Azaz yang dikuasai pemberontak di Suriah, dekat perbatasan Turki (7/1).

Sebagian besar korban tewas adalah warga kota di dekat Aleppo yang mengungsi akibat pertempuran sengit di kawasan itu.

Lebih dari 40 orang tewas dalam ledakan dahsyat yang meluluhlantakkan pusat kota yang dikuasai pemberontak di bagian utara Suriah hari Sabtu (7/1). Sebagian besar korban tewas adalah warga kota di dekat Aleppo yang mengungsi akibat pertempuran sengit di kawasan itu.

Tim pengamat mengatakan ledakan tersebut, yang tampaknya berasal dari sebuah truk tangki yang dipenuhi bahan peledak, diatur dari jarak jauh di luar gedung pengadilan dan kantor keamanan kelompok pemberontak di kota Azaz. Sebuah pasar di dekat lokasi itu juga hancur.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab.

Video dari tempat kejadian menunjukkan gedung-gedung yang terbakar dan sebagian rata dengan tanah, sementara warga yang luka-luka berusaha menyelamatkan diri keluar dari kompleks tersebut.

Beberapa aktivis setempat mengatakan jumlah korban tewas bisa mencapai 60 orang. Upaya pencarian dan penyelamatan korban yang mungkin tertimpa bangunan yang roboh masih terus dilakukan.

Kota Azaz yang dikuasai pemberontak telah berulangkali menjadi sasaran dalam beberapa bulan terakhir, di mana milisi anti-pemerintah menuduh ekstremis ISIS sebagai pelaku dua pemboman akhir tahun 2016 lalu yang menewaskan lebih dari 40 orang, sebagian besar adalah pemberontak. [em]

XS
SM
MD
LG