Tautan-tautan Akses

AS Pertimbangkan Coret Perusahaan China dari Pasar Sahamnya


Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan Presiden Cina Xi Jinping selama pertemuan di sela-sela KTT G-20 di Osaka, Jepang barat. (Foto: AP / Susan Walsh)

Pemerintahan Donald Trump dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk mencoret perusahaan-perusahaan China dari pasar saham AS, sebagai cara untuk membatasi investasi Amerika di negara Tirai Bambu itu.

Langkah ini, yang pertama dilaporkan oleh Bloomberg News, akan semakin meningkatkan perang dagang di antara kedua ekonomi dunia yang terbesar.

Pencoretan perusahaan-perusahaan itu dari bursa saham AS, merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk membatasi investasi Amerika di China. Demikian menurut laporan yang mengutip seorang pejabat pemerintah Amerika.

Pejabat pemerintah juga sedang menelusuri bagaimana Amerika bisa memberlakukan pembatasan terhadap bisnis China yang masuk dalam indeks saham Amerika, demikian kata laporan tadi.

Mekanisme tentang bagaimana melaksanakan pencabutan perusahaan-perusahaan itu masih harus disusun, dan setiap rencana seperti itu harus disetujui oleh Presiden Trump.

Laporan ini muncul sementara perundingan perdagangan antara Amerika dan China akan dimulai kembali di Washington pada 10 Oktober. [jm/pp]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG