Tautan-tautan Akses

AS Kenakan Sanksi atas Perusahaan China yang Langgar Larangan Ekspor Minyak Iran


Secretary Pompeo Hosts GCC+2 Ministerial at the United National General Assembly
Secretary Pompeo Hosts GCC+2 Ministerial at the United National General Assembly

Pemerintah Amerika mengenakan sanksi-sanksi baru atas sejumlah perusahaan China karena mengangkut minyak dari Iran dan melanggar sanksi Amerika, kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo hari Rabu (25/9).

Sanksi-sanksi itu dikenakan atas lima orang pengusaha dan enam perusahaan China, termasuk dua anak perusahaan pelayaran COSCO. Ini adalah langkah terbaru Amerika untuk meningkatkan “tekanan maksimum” atas Iran.

“Kami juga mengenakan sanksi-sanksi atas para pemimpin [perusahaan China itu,” kata Pompeo di sela-sela sidang umum PBB di New York. Kata Pompeo, “kami akan mengenakan sanksi atas tiap pelanggaran yang bisa dikenai sanksi.”

Sanksi-sanksi itu ditujukan atas perusahaan pengapalan tanker COSCO, dan COSCO Shipping Tanker Seaman and Ship Management Company, tapi tidak berlaku bagi perusahaan induknya.

Perusahaan lain yang dikenai sanksi itu adalah China Concord Petroleum, Kunlun Shipping Company, Kunlun Holding company dan Pegasus 88 Limited.

Minggu lalu, presiden Trump memerintahkan menteri keuangan Steven Mnuchin untuk meningkatkan lagi sanksi-sanksi atas Iran, setelah terjadinya serangan rudal dan drone atas fasilitas minyak Arab Saudi. Amerika menuduh serangan dilakukan oleh Iran, tapi tuduhan ini dibantah oleh Iran. (ii/em)

XS
SM
MD
LG