Tautan-tautan Akses

China Bersedia Beli Lebih Banyak Produk Amerika Serikat


Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara di rapat Dewan Keamanan PBB di kantor pusat PBB, New York, 25 September 2019.
Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara di rapat Dewan Keamanan PBB di kantor pusat PBB, New York, 25 September 2019.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, negara itu siap membeli lebih banyak produk Amerika Serikat. Katanya, kedua pihak memperlihatkan itikad baik menjelang perundingan perdagangan yang baru.

“Kami berharap kedua pihak bisa mengambil langkah-langkah yang lebih antusias, mengurangi bahasa pesimis dan bertindak,” kata Menlu Wang Yi di New York, Kamis (26/9). “Apabila setiap pihak melakukan ini, perundingan tidak saja akan dimulai kembali tetapi akan melangkah maju dan membuahkan hasil.”

Dia juga mencatat bahwa Amerika Serikat sudah mengecualikan beberapa tarif atas produk China.

Wang menggelar jamuan makan siang untuk para diplomat dari negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB lainnya, yaitu Inggris, Perancis, Rusia, dan AS.

Pembicaraan perdagangan tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan China dijadwalkan akan dimulai kembali pada 13 Oktober setelah terhenti selama musim panas dan menciptakan ketidakpastian untuk investor.

Menlu Wang berbicara tentang goodwill atau itikad baik di kedua pihak.Tetapi Presiden Trump membuat komentar yang pedas tentang China, Selasa (24/9), ketika berpidato di Sidang Umum PBB.

Trump menuduh China mengingkari janji ketika bergabung di WTO. Dia bertanya-tanya apakah ekonomi kedua terbesar di dunia masih tetap diberi perlakuan preferensial sebagai sebuah negara berkembang.

Presiden Trump juga mengulangi tuduhan di masa lalu tentang pencurian kekayaan intelektual dan rahasia dagang pada skala yang besar. Tetapi dia mengatakan, dia masih berharap kedua pihak bisa mencapai kesepakatan perdagangan yang akan bermanfaat untuk kedua negara dan “memulihkan keseimbangan dalam hubungan kita dengan China.” [jm/pp]

XS
SM
MD
LG