Tautan-tautan Akses

AS Libatkan Organisasi Kemanusiaan untuk Pilih Pencari Suaka


Gedung Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) dan kantor Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS (USCIS) di Tukwila, Washington, 3 Maret 2020. (Foto: dok).
Gedung Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) dan kantor Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS (USCIS) di Tukwila, Washington, 3 Maret 2020. (Foto: dok).

Pemerintahan Biden diam-diam menugaskan enam organisasi kemanusiaan untuk merekomendasikan migran mana yang akan diizinkan tinggal di AS, bukannya segera diusir dari negara itu di bawah kewenangan federal yang terkait pandemi, yang menghalangi orang-orang untuk meminta suaka.

Keenam organisasi itu akan menentukan siapa yang paling rentan di Meksiko, dan kriteria mereka belum diumumkan secara terbuka. Penetapan ini terjadi sementara sejumlah besar orang melintasi perbatasan selatan dan ketika pemerintah menghadapi tekanan yang menguat untuk mencabut kewenangan terkait kesehatan masyarakat yang diberlakukan mantan presiden Donald Trump dan dipertahankan oleh Presiden Joe Biden selama pandemi virus corona.

Beberapa anggota konsorsium itu berbicara kepada Associated Press mengenai kriteria dan memberikan rincian mengenai sistem yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. Pemerintah menargetkan akan menerima hingga 250 pencari suaka per hari yang dirujuk oleh kelompok-kelompok tersebut dan menyetujui bahwa sistem itu hanya akan berlaku hingga 31 Juli. Setelah itu, konsorsium itu berharap pemerintahan Biden sudah mencabut peraturan terkait kesehatan masyarakat, meskipun pemerintah belum berkomitmen untuk itu.

Sejauh ini, hampir 800 pencari suaka yang diizinkan masuk AS sejak 3 Mei, dan para anggota konsorsium menyatakan ada lebih banyak permintaan suaka daripada apa yang bisa mereka penuhi.

Organisasi-organisasi itu belum diidentifikasi secara terbuka kecuali International Rescue Committee, sebuah organisasi bantuan global. Yang lainnya adalah Save the Children yang berbasis di London, dua organisasi yang berbasis di AS yakni HIAS dan Kids in Need of Defense; dan dua organisasi berbasis di Meksiko, Asylum Access dan Institute for Women in Migration, kata dua orang yang mengetahui langsung hal ini dan berbicara dengan syarat anonim karena informasi itu tidak dimaksudkan untuk dipublikasikan.

Asylum Access, yang memberi layanan bagi para pencari suaka di Meksiko, menyebut perannya minimal. Upaya itu dimulai di El Paso, Texas, dan menjangkau hingga ke Nogales, [uh/ab]

XS
SM
MD
LG