Tautan-tautan Akses

AS, Korsel Umumkan Pembatalan Latihan Militer


Latihan militer bersama AS-Korea Selatan "Foal Eagle" di Laut Timur Korea Selatan, 14 Maret 2014. (Foto: AP/Korsel via Yonhap).
Latihan militer bersama AS-Korea Selatan "Foal Eagle" di Laut Timur Korea Selatan, 14 Maret 2014. (Foto: AP/Korsel via Yonhap).

Amerika Serikat dan Korea Selatan mengumumkan pembatalan dua latihan militer skala besar tahunan dalam upaya untuk “mencapai denuklirisasi menyeluruh di Semenanjung Korea.”

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan bahwa membatalkan latihan militer dengan Korea Selatan akan menghemat ratusan juta dolar bagi Amerika yang tidak diganti oleh pemerintah Korea Selatan.

Trump juga mengeluarkan cuitan di Twitter bahwa langkah itu mengurangi ketegangan dengan Korea Utara.

Tidak jelas apakah pengumuman untuk membatalkan rencana latihan militer itu terkait dengan ketidakmampuan Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi ketika mereka bertemu pekan lalu di Hanoi.

Seorang analis dari lembaga studi kebijakan Atlantic Council (Robert Manning) menyebut perintah untuk membatalkan latihan militer itu salah satu dari sejumlah kesalahan yang telah dibuat yang sesungguhnya akan mengikis posisi Amerika di Asia Timur Laut. [lt]

XS
SM
MD
LG