Tautan-tautan Akses

AS-Korea Selatan Kembali Adakan Latihan Militer Bersama Tahunan


Tank K1A1 Korsel dan Tank AS M1A2 menembakkan peluru tajam saat latihan gabungan militer dengan peuru tajam antara AS-Korsel, di medan latihan, dekat zona demiliterisasi, yang memisahkan dua Korea di Pocheon, Korsel, 21 April 2017 (foto: REUTERS/Kim Hong Ji)

Korea Selatan dan Amerika Serikat hari Minggu memulai latihan militer bersama tahunan setelah tertunda sekitar satu bulan untuk Olimpiade Musim Dingin dan membantu menciptakan kondisi bagi dimulainya lagi pembicaraan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Latihan lapangan (medan) Foal Eagle, yang biasanya melibatkan gabungan pasukan darat, udara, angkatan laut dan operasi khusus, akan berlangsung satu bulan. Simulasi komputer Key Resolve akan diadakan dua minggu dimulai pertengahan April.

Juru bicara Pentagon mengatakan, dalam bulan Maret dua latihan gabungan itu akan melibatkan sekitar 23.700 pasukan Amerika Serikat dan 300 ribu pasukan Korea Selatan. Pejabat-pejabat militer di Seoul mengatakan skala latihan itu tidak akan melampaui apa yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Latihan Foal Eagle dan Key Resolve biasanya diadakan tiap tahun sekitar bulan Maret tetapi tahun ini ditunda sampai setelah Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Pyeongchang, yang dimulai Februari dan berakhir bulan lalu.

Korea Utara, yang senantiasa menuduh Korea Selatan dan Amerika Serikat mempraktekkan penyerbuan ke Korea Utara dalam latihan militer bersama, tetap diam tentang latihan ini.

Latihan gabungan itu berlangsung kira-kira sebulan sebelum KTT 27 April antara kedua Korea, yang pertama dalam lebih dari 10 tahun. [ka/al]

XS
SM
MD
LG