Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Pembatalan Latihan dengan Korea Selatan untuk Hemat Dana


Presiden AS, Donald Trump, menghadiri konferensi pers setelah perteman kedua AS-Korut di Hanoi, 28 Februari 2019 (foto: Saul Loeb/AFP)

Korea Selatan dan AS menghentikan latihan militer musim semi besar-besarannya dan menggantinya dengan latihan yang lebih kecil dalam apa yang dikatakan sebagai upaya untuk mendukung diplomasi yang bertujuan menyelesaikan krisis nuklir Korea Utara.

Keputusan yang diumumkan oleh kedua negara pada hari Minggu itu disampaikan setelah Presiden AS Donald Trump mengeluh mengenai biaya latihan bersama itu meskipun pertemuan puncaknya yang kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ambruk pekan lalu.

"Alasan saya tidak ingin latihan militer dengan Korea Selatan adalah untuk menghemat dana ratusan juta dolar untuk AS yang tidak dibayar kembali," bunyi tweet Trump hari Minggu.

"Itu sikap saya jauh sebelum saya menjadi Presiden. Mengurangi ketegangan dengan Korea Utara saat ini juga adalah hal yang baik!"

Pembatalan latihan itu merupakan itikad baik pada Korea Utara, yang menganggapnya sebagai latihan invasi.

Tetapi sebagian pakar mengatakan hal itu mungkin akan memperlemah kesiapan militer sekutu di tengah kekhawatiran ketegangan bisa meletus kembali setelah KTT nuklir itu gagal di Vietnam.

Pentagon dalam pernyataannya mengatakan pimpinan pertahanan AS dan Korea Selatan memutuskan untuk mengakhiri serangkaian latihan Key Resolve dan Foal Eagle. [my]

XS
SM
MD
LG