Tautan-tautan Akses

AS Kembali Buka Kedutaan Besar di Somalia setelah 28 Tahun


Duta Besar Amerika untuk Somalia, Donald Yamamoto
Duta Besar Amerika untuk Somalia, Donald Yamamoto

Pemerintah Amerika telah membuka kedutaan besar yang baru di Somalia untuk pertama kalinya dalam 28 tahun.

Kantor kedutaan itu, yang terletak di kawasan bandara internasional Mogadishu, diresmikan hari Rabu (2/10). Kedutaan Amerika yang sebelumnya ditutup bulan Januari tahun 1991 ketika terjadi perang saudara di Somalia.

Pembukaan kembali kedutaan besar Amerika ini adalah langkah maju untuk melanjutkan hubungan Amerika dan Somalia, kata pernyataan kedutaan.

Duta Besar Amerika untuk Somalia Donald Yamamoto menyebut pembukaan kembali kedutaan baru itu sebagai “hari bersejarah yang mencerminkan kemajuan yang dicapai Somalia belakangan ini.”

Pemerintah Amerika telah membuka kembali hubungan diplomatik dengan Somalia bulan Desember tahun lalu. Pembukaan kedutaan itu bersamaan waktunya dengan selesainya pertemuan Forum Kemitraan Somalia yang diadakan antara pejabat Somalia dan wakil-wakil masyarakat internasional di Mogadishu.

Dalam pertemuan itu, badan bantuan internasional Amerika mengumumkan bantuan kemanusiaan 257 juta dollar, sehingga jumlah bantuan Amerika ke Somalia tahun ini mencapai hampir setengah milyar dolar. (ii/em)

Recommended

XS
SM
MD
LG