Tautan-tautan Akses

AS: Kalahkan Kelompok Teroris di Afrika adalah Opsi Tunggal


Gedung Departemen Pertahanan AS atau Pentagon. (Foto: AP)

Pejabat-pejabat pertahanan dan intelijen Amerika kembali menyatakan prihatin atas penyebaran kelompok-kelompok teroris yang semakin kuat di Afrika, dan memperingatkan sebagian telah menjadi sangat kuat sehingga tidak mungkin lagi "melemahkan" mereka.

Peringatan itu, bagian dari laporan yang baru dirilis oleh inspektur jenderal Departemen Pertahanan, menyampaikan lagi peringatan Komando militer Amerika Afrika sebelumnya tentang ancaman yang meningkat terhadap dalam negeri Amerika.

Peringatan itu juga datang sementara Pentagon mengajukan anggaran AS$740,5 miliar untuk tahun depan yang berfokus bukan pada terorisme, tetapi pada persaingan melawan China dan Rusia.

Di Afrika Barat, laporan itu menyimpulkan, lanskap terorisme juga mengkhawatirkan.

Komando Amerika Afrika “mengubah strategi dari 'melemahkan' organisasi ekstremis brutal itu menjadi 'mengalahkan' mereka,” tulis laporan itu.

Laporan itu juga mengutip Komando Amerika Afrika yang mengatakan berbagai kelompok teroris di Afrika Barat "berpotensi menyebar ke seluruh wilayah itu dan berdampak pada kepentingan Barat." [ka/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG