Tautan-tautan Akses

AS Ekstradisi Mantan Biksu Thailand yang Hadapi Dakwaan Kriminal


Wiraphon Sukphon ditangkap Rabu (19/7) malam setibanya di bandara internasional Bangkok, Thailand (foto: ilustrasi).

Seorang mantan biksu Buddhis Thailand yang menghadapi sejumlah dakwaan kriminal, termasuk hubungan seksual dengan seorang perempuan di bawah umur, telah diekstradisi dari Amerika Serikat.

Wiraphon Sukphon ditangkap Rabu (19/7) malam setibanya di bandara internasional Bangkok setelah diterbangkan dari Amerika.

Sukphon pertama kali mengejutkan masyarakat pada tahun 2013 setelah ia melansir video yang memperlihatkan ia berada dalam sebuah jet pribadi dengan mengenakan kacamata bermerek desainer terkenal dan membawa tas bermerek Louis Vuitton. Jubah biksunya dilucuti setelah suatu penyelidikan mendapati keberadaan aset bernilai jutaan dolar atas namanya.

Pada tahun itu juga Sukphon akhirnya dikenai dakwaan melakukan pencucian uang, menggelapkan uang masyarakat, melakukan kejahatan komputer dan penculikan anak, selain tuduhan kejahatan seksual terhadap anak-anak, namun ia melarikan diri ke Amerika Serikat.

Kasusnya adalah satu dari banyak skandal yang mencemari kalangan biksu Buddhis Thailand dalam beberapa tahun ini. Sejumlah biksu dipecat setelah didakwa dengan kejahatan seperti pemerasan, perdagangan narkoba dan melakukan hubungan seksual yang tidak senonoh. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG