Tautan-tautan Akses

Sekelompok Biksu Nasionalis Myanmar Protes Tindakan Keras Thailand


Polisi Myanmar menjaga ketat Kedutaan Thailand saat biksu dan warga Buddha melakukan aksi protes dengan memegang bendera agama dan Nasional di luar kantor tersebut, di Yangon, Myanmar, Jumat, 24 Februari, 2017. (AP Photo/Thein Zaw)

Sebuah kelompok nasionalis Buddha yang dituduh menghasut ketegangan agama di Myanmar telah menggelar unjuk rasa di luar kedutaan Thailand di Myanmar untuk memprotes pemerintah Thailand yang menutup kuil pusat sekte Buddha yang kontroversial tersebut.

Protes yang dilancarkan oleh lebih dari 100 biksu dan para pendukung, Jumat (24/2) tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Perlindungan Ras dan Agama, yang juga dikenal sebagai Ma Ba Tha, kelompok yang selama ini dikritik karena mendorong agenda anti-Muslim di Myanmar yang sebagian besar penduduknya beragama Buddha.

Pemerintah Thailand menutup kuil itu dalam upaya menangkap biksu yang memimpin sekte Dhammakaya di Thailand karena tuduhan pencucian uang. Dia diduga menerima jutaan dolar uang gelap sebagai sumbangan. [as/ab]

XS
SM
MD
LG