Tautan-tautan Akses

AS Dakwa Pengacara Rusia yang Ikut Pertemuan di Trump Tower


Natalia Veselnitskaya, pengacara Rusia yang ikut menghadiri pertemuan di Trump Tower, New York (foto: dok).
Natalia Veselnitskaya, pengacara Rusia yang ikut menghadiri pertemuan di Trump Tower, New York (foto: dok).

Seorang pengacara Rusia yang ikut dalam pertemuan dengan tim kampanye Trump hari Selasa (8/1) didakwa oleh jaksa penuntut umum di New York dengan tuduhan menghalangi upaya mencari keadilan, sehubungan kasus yang tidak terkait dengan penyelidikan soal campur tangan Rusia terhadap pemilu presiden Amerika tahun 2016.

Natalia Veselnitskaya, yang sebelumnya mengadakan pertemuan dengan putra Presiden Donald Trump – Donald Trump Jr. – dan beberapa anggota senior tim kampanye Trump, dituduh memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Rusia.

Veselnitskaya dituduh menutup-nutupi perannya ketika menyusun deklarasi untuk membebaskan kliennya, perusahaan Rusia “Prevezon Holdings.”

Dalam kasus Prevezon, penuntut Amerika berupaya membuktikan bahwa perusahaan itu telah melakukan pencucian uang hasil skema penipuan pajak senilai 230 juta dolar yang melibatkan pejabat Rusia yang korup. Skema itu diungkap oleh Sergei Magnitsky, seorang penasehat hukum Rusia yang diduga dipukuli sampai mati di penjara pada tahun 2009, setelah ia menuduh pejabat-pejabat Kremlin melakukan penipuan pajak.

Veselnitskaya mengadakan pertemuan dengan Donald Trump Jr., Jared Kushner dan mantan ketua tim kampanye Trump, Paul Manafort, pada Juni 2016, setelah diduga menjanjikan informasi tentang calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton.

Jaksa penyidik khusus Robert Mueller sedang menyelidiki situasi menjelang pertemuan itu dan pernyataan-pernyataan yang disampaikan Trump dan putranya tentang pertemuan itu. (em)

XS
SM
MD
LG