Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Pengacara Trump Dijatuhi Hukuman 3 Tahun Penjara


Michael Cohen, mantan pengacara pribadi Presiden Donald Trump usai menghadiri pengadilan Federal di Manhattan, New York (29/11).

Michael Cohen, pengacara pribadi Presiden Donald Trump, Rabu dijatuhi hukuman penjara 3 tahun, setelah memberitahu hakim New York bahwa “kesetiaannya yang buta” kepada pemimpin Amerika itu menyebabkan dia “menutup-nutupi perbuatannya yang buruk.”

Hakim William Pauley menjatuhkan hukuman atas diri Cohen untuk serangkaian kejahatan, termasuk perannya dalam mengatur pembayaran $ 280 ribu kepada dua perempuan agar mereka tidak membuka afair mereka dengan Trump, serta juga berbohong kepada Kongres tentang upaya Trump membangun pencakar langit di Moskow.

Hakim memberitahu Michael Cohen yang berusia 52 tahun itu, bahwa dalam perjalanan hidupnya dia telah “kehilangan kompas moralnya.”

Michael Cohen yang bekerja untuk Trump selama 12 tahun, pernah membual dan mengatakan, “bersedia ditembak” guna mendukung Trump. Tetapi baru-baru ini, Michael Cohen berubah pikiran dan berbalik sikap terhadap Trump, serta mengatakan pada sidang peradilan bahwa pengalamannya bekerja untuk Trump merupakan sebuah “pemenjaraan pribadi dan mental.”

Michael Cohen adalah tokoh terdekat dalam lingkaran Trump yang dihukum penjara sejauh ini, terkait penyelidikan luas oleh Robert Mueller atas kejahatan dari kampanye Trump pada 2016, hubungannya dengan Rusia, dan upaya menghambat hukum oleh Trump.

Beberapa tokoh terkemuka lainnya dalam orbit Trump ini termasuk mantan manajer kampanyenya, Paul Manfort, dan penasihat keamanan nasional Trump yang pertama, Michael Flynn. Keduanya masih menunggu keputusan hukuman peradilan. [jm]

XS
SM
MD
LG