Tautan-tautan Akses

Artis Musik Country Glen Campbell Tutup Usia


Legenda musik Amerika Legend Glen Campbell tampil di acara amal Asosiasi Alzheimer. (Foto:dok)

Penyanyi musik country dan lagu-lagu koboi Amerika Glen Campbell, yang terkenal di televisi, film, dan tangga lagu telah meninggal dunia pada usia 81 tahun. Dia adalah salah satu bintang musik terbesar Amerika dalam tahun 60-an dan 70-an.

Campbell menderita penyakit Alzheimer.

Campbell lahir di Arkansas. Ia belajar bermain gitar ketika masih anak-anak, kemudian bergabung dengan band country pamannya di New Mexico dan tampil dalam siaran radio lokal sebelum membentuk kelompok sendiri dan pindah ke Los Angeles.

Campbell bergeser ke musik rock and roll dan musik populer, main dengan berbagai kelompok seniman termasuk The Beach Boys, The Monkees, Elvis Presley dan Frank Sinatra.

Ketenaran Campbell sebagai penyanyi solo membubung tinggi pada akhir tahun 1960-an, saat dia tampil dalam berbagai pertunjukan televisi yang diselenggarakan oleh bintang komedi Joey Bishop dan duo komik The Smothers Brothers.

Hal ini mendorongnya membuat acaranya sendiri yang populer The Glen Campbell Goodtime Hour, dan menciptakan serangkaian lagu terkenal antara lain "Wichita Lineman," "By the Time I Get to Phoenix," "Rhinestone Cowboy," dan "Gentle on My Mind."

Glen Campbell dan Grandpa Jones tampil di CMA awards di Nashville 1978. (Foto:dok)
Glen Campbell dan Grandpa Jones tampil di CMA awards di Nashville 1978. (Foto:dok)

Campbell juga main bersama John Wayne dalam film True Grit, menulis lagu dan membawakan lagu tema film itu yang dinominasikan untuk piala Oscar.

Campbell baru berhenti tampil dalam pertunjukan karena penyakit Alzheimer tidak memungkinkannya. Tapi sebelum itu ia mengadakan serangkaian pertunjukan panggung, yang yang disebut Glen Campbell Goodbye Tour, tiketnya terjual habis dalam 151 pertunjukan di seluruh Amerika. Bagian dari pertunjukan keliling itu difilmkan, dan dijadikan film dokumenter yang mendapat pujian.

Glen Campbell meraih puluhan penghargaan dalam karirnya yang panjang, termasuk 10 Grammy Awards. Dia memuji ayahnya atas kesuksesannya, dengan mengatakan: "Saya melakukan apa yang diperintahkan ayah saya, katanya. (sp/ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG