Tautan-tautan Akses

Arkeolog Temukan Kereta Upacara Romawi di Dekat Pompeii


Kereta upacara Romawi kuno ditemukan di sebuah penggalian di dekat kota Romawi kuno Pompeii. (Foto: Taman Arkeologi Pompeii/Kementerian Warisan Budaya dan Kegiatan dan Pariwisata/Luigi Spina via Reuters )

Arkeolog Italia menemukan kereta upacara Romawi kuno dari sebuah vila di luar Pompeii, kota yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada tahun 79 Masehi.

Kereta roda empat yang hampir utuh, terbuat dari besi, perunggu, dan timah, ditemukan di dekat istal sebuah vila kuno di Civita Giuliana, sekitar 700 meter di utara tembok Pompeii kuno.

Massimo Osanna, Direktur Situs Arkeologi Pompeii, mengatakan kereta itu adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di daerah itu. Sejauh ini kereta yang ditemukan hanya untuk keperluan untuk transportasi dan pekerjaan, tetapi tidak untuk upacara.

"Ini adalah penemuan luar biasa yang memajukan pemahaman kita tentang dunia kuno," kata Osanna.

Reuters, Sabtu (27/2), melaporkan Pompeii yang terletak 23 km tenggara Napoli adalah rumah bagi sekitar 13 ribu orang. Mereka terkubur di bawah abu, kerikil batu apung dan debu akibat letusan Gunung Vesuvius.

Sekitar dua pertiga dari kota kuno seluas 66 hektar telah ditemukan. Reruntuhan tidak ditemukan sampai abad ke-16 dan penggalian terorganisir dimulai sekitar tahun 1750.

"Pompeii terus membuat kami takjub dengan penemuannya dan itu akan terjadi selama bertahun-tahun, dengan 20 hektar yang masih harus digali," kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini. [ah]

XS
SM
MD
LG