Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Usir Dubes Kanada


Menlu Arabi Saudi Adel al-Jubeir (foto: dok). Pemerintah Saudi akan mengusir duta besar Kanada, dan memanggil pulang duta besarnya di Kanada.
Menlu Arabi Saudi Adel al-Jubeir (foto: dok). Pemerintah Saudi akan mengusir duta besar Kanada, dan memanggil pulang duta besarnya di Kanada.

Arab Saudi hari Senin (6/8) mengumumkan akan mengusir duta besar Kanada, dan memanggil pulang duta besarnya di Kanada sambil membekukan semua hubungan bisnis dengan Ottawa karena apa yang disebut Arab Saudi sebagai “campur tangan” Kanada dalam urusan dalam negerinya.

Arab Saudi mengambil langkah keras itu karena Kanada menyerukan agar Arab Saudi membebaskan segera semua aktivis hak asasi yang dijaring dalam serangkaian penangkapan baru.

“Kerajaan Arab Saudi tidak menerima campur tangan dalam urusan dalam negerinya atau pemaksaan dari negara asing manapun,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi lewat twitter.

Sambil memanggil pulang duta besarnya untuk konsultasi, Kementerian mengatakan duta besar Kanada di Riyadh diberi waktu 24 jam untuk meninggalkan Arab Saudi dan semua transaksi baru niaga dan investasi antara kedua negara dibekukan.

Arab Saudi mengambil tindakan ini setelah Kedutaan Kanada di Riyadh mengatakan “sangat cemas” dengan gelombang baru penangkapan terhadap aktivis hak asasi di Kerajaan itu termasuk peraih anugerah dan aktivis hak gender Samar Badawi.

“Kami mendesak pemerintah Arab Saudi segera membebaskan mereka dan semua semua aktivis #hakasasimanusia yang damai,” demikian tweet Kedutaan Kanada hari Jumat.

Penangkapan terjadi beberapa pekan setelah lebih dari 12 aktivis hak-hak perempuan ditahan dan dituduh merongrong keamanan nasional karena bekerjasama dengan musuh negara. Sebagian dari mereka sudah dibebaskan. [vm/al]

XS
SM
MD
LG