Tautan-tautan Akses

September, PBB Gelar Pembicaraan Damai Yaman di Jenewa


Jenazah korban yang tewas akibat serangan udara di sebuah pasar ikan, di sebuah rumah sakit di Hodeida, Yaman, 2 Agustus 2018.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, berencana mengundang pihak-pihak yang berperang ke Jenewa bulan depan untuk membahas kerangka kerja pembicaraan perdamaian.

Kepada Dewan Keamanan PBB, Griffiths mengatakan, "solusi politik" untuk mengakhiri perang di Yaman, sudah "tersedia," dan mendesak negara-negara kuat dunia mendukung upaya baru bagi perundingan perdamaian.

Griffiths menambahkan pembicaraan pada 6 September itu "akan memberi kesempatan kepada pihak-pihak yang berperang, antara lain, membahas kerangka kerja perundingan, langkah-langkah yang relevan untuk membangun kepercayaan dan rencana khusus untuk memajukan proses itu."

Pengumuman itu disampaikan hanya beberapa jam setelah koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara terhadap kota pelabuhan Hodeida yang dikuasai pemberontak, Kamis (2/8), menewaskan sedikitnya 28 orang dan melukai sedikitnya 70 orang.

Serangan udara itu terjadi di dekat rumah sakit umum utama kota itu yang terletak dekat pasar ikan yang populer, ujar para pejabat medis Yaman.

Upaya terakhir pembicaraan perdamaian Yaman gagal pada 2016.

Perang proksi antara Arab Saudi dan Iran meletus di Yaman sejak 2015, ketika koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi ikut campur dalam memulihkan pemerintah yang diakui internasional dan memukul mundur pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Perang itu menewaskan lebih dari 10 ribu orang dan membuat jutaan orang di ambang kelaparan.[ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG