Tautan-tautan Akses

Pemberontak Houthi di Yaman Serang Kapal Saudi


Peta Hodeida, Yaman.
Peta Hodeida, Yaman.

TV pemerintah Arab Saudi melaporkan kelompok pemberontak Syiah di Yaman atau Houthi telah menyerang sebuah kapal Saudi di lepas pantai barat negara itu.

Televisi al-Ekhbariya mengutip pernyataan koalisi pimpinan Saudi, yang mengatakan serangan kelompok itu sedikit merusak kapal tanki minyak milik Saudi.

Namun, sementara itu televisi Al-Masirah yang dioperasikan kelompok pemberontak di Yaman, mengatakan, Rabu (25/7), pasukan angkatan laut mereka menarget kapal tempur Saudi bernama Dammam, dan bukan kapal tanki minyak.

Koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah Yaman yang diakui internasional telah berperang dengan kelompok pemberontak yang didukung Iran sejak 2015.

Dalam beberapa bulan terakhir, perang itu terkonsentrasi di sepanjang pantai barat Yaman khususnya di sekitar kota pelabuhan utama Hodeida.

Koalisi telah berulangkali menuduh musuh Saudi, Iran, mempersenjatai pemberontak, tuduhan yang dibantah Houthi.

Dalam beberapa pekan terakhir, utusan khusus PBB untuk Yaman telah menyelenggarakan pertemuan dengan kelompok-kelompok yang berperang dalam usaha memulai kembali pembicaraan perdamaian. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG