Tautan-tautan Akses

Aplikasi Baru Bantu Pasien Jalani Pemeriksaan Fisik di Rumah

  • Faith Lapidus

Sebuah perangkat produksi Tytocare, memungkinkan pasien melakukan self check up atau mendiagnosa diri sendiri di rumah (Courtesy: Tytocare.com).

Sebuah perangkat baru, yang dikembangkan oleh perusahaan Israel, memungkinkan pasien melakukan self check up atau mendiagnosa diri sendiri tanpa harus pergi ke dokter.

Tyto adalah perangkat elektronik yang memungkinkan pasien menjalani pemeriksaan fisik di rumah.

Dedi Gilad, salah seorang pendiri Tytocare menjelaskan, “Pada dasarnya kami mereplikasi interaksi langsung dengan dokter jarak jauh, sembari memungkinkannya melakukan pemeriksaan fisik secara penuh, menganalisa dan mendiagnosa pasien di rumah.”

Aplikasi Tyto, yang menggunakan algoritma dan teknologi pengenal visual, memandu pasien menjalani pemeriksaan, mengukur tanda-tanda vital serta prosedur yang lebih rumit.

Eyal Baum, manajer produk senior Tytocare, mengatakan, “Pada dasarnya aplikasi ini ibarat dokter saya, membantu saya menjalani pemeriksaan.”

Tele-medicine atau pengobatan jarak jauh kini semakin populer dalam industri kesehatan. Program ini menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan layanan bagi pasien dan menghemat biaya bagi perusahaan asuransi.

Tyto diujicoba di Rumah Sakit Anak-anak Schneider di Petah Tikvah, Israel, untuk membandingkan akurasi dan kualitasnya dengan pemeriksaan biasa.

Yehezkel Waisman dari RS Anak-anak Schneider mengatakan, “Yang kami temukan sangat luar biasa, hampir tidak ada perbedaan antara kedua jenis pemeriksaan itu.”

Tapi para pendukung tele-medicine mengakui bahwa inovasi ini masih memiliki kelemahan. Mereka menyadari bahwa beberapa penyakit dan keluhan tertentu perlu mendapat pemeriksaan secara langsung oleh dokter.[vm/jm]

XS
SM
MD
LG