Tautan-tautan Akses

Apakah Arti Dakwaan terhadap Trump?


Seorang perempuan memegang plakat di luar gedung Trump Tower, untuk mendukung proses pengadilan bagi mantan Presiden AS Donald Trump, di New York City, pada 22 Maret 2023. (Foto: Reuters/David 'Dee' Delgado)
Seorang perempuan memegang plakat di luar gedung Trump Tower, untuk mendukung proses pengadilan bagi mantan Presiden AS Donald Trump, di New York City, pada 22 Maret 2023. (Foto: Reuters/David 'Dee' Delgado)

Dewan juri di kota New York Kamis (30/3) telah mendakwa mantan Presiden AS Donald Trump terkait pemberian uang suap untuk membungkam seorang bintang porno.

Apa itu dakwaan?

Surat dakwaan adalah tuduhan formal bahwa seseorang telah melakukan tindak pidana. Surat ini berisi informasi dasar tentang tuduhan yang diajukan ke pengadilan.

Mengapa itu perlu?

Amandemen Kelima Konstitusi Amerika Serikat mengharuskan pemerintah federal mengajukan dakwaan sebelum menuntut seseorang atas pelanggaran kejahatan (tindak pidana) federal.

Bagaimana dengan dakwaan di tingkat negara bagian?

Sementara Amandemen Kelima konstitusi AS hanya berlaku untuk dakwaan federal, banyak negara bagian telah membuat sistem dakwaan yang serupa, mengharuskan mereka untuk dakwaan kejahatan.

Apa itu tindak pidana berat (felony)?

Tindak pidana berat (felony) biasanya didefinisikan sebagai pelanggaran yang dapat dihukum dengan jangka waktu penjara setidaknya satu tahun. Tindak pidana berat lebih serius daripada pidana (pelanggaran) ringan, yang biasanya tidak memerlukan dakwaan untuk diajukan.

Bagaimana proses dakwaan dimulai?

Setelah meninjau fakta-fakta suatu kasus, jaksa penuntut akan memutuskan apakah ada cukup bukti untuk terus mengejarnya, dan jika demikian, akan mengajukan kasus tersebut ke panel beberapa warga yang dipilih, yang dikenal sebagai dewan juri.

Apa itu dewan juri?

Dewan juri mendengar bukti tentang suatu kasus dan memutuskan apakah ada kemungkinan penyebab tuntutan pidana diajukan. Dewan juri tidak menentukan bersalah atau tidaknya tersangka. Dewan juri federal terdiri dari antara 16 dan 23 orang. Setidaknya 12 orang juri harus setuju sebelum dakwaan dapat dikeluarkan.

Bisakah dakwaan "disegel"?

Karena dakwaan datang setelah keputusan oleh dewan juri, tetapi biasanya sebelum penangkapan, jaksa penuntut dapat menyegel dakwaan, atau menyembunyikannya dari publik, selama waktu yang diperlukan. Ini dimaksudkan untuk mencegah terdakwa atau tersangka lainnya melarikan diri atau menghancurkan barang bukti.

Apa yang terjadi setelah dakwaan?

Setelah dewan juri merekomendasikan suatu dakwaan, tersangka biasanya ditangkap dan didakwa secara resmi. Kasus ini kemudian dilanjutkan ke pengadilan, dengan beberapa jalur hukum yang memungkinkan, termasuk kesepakatan pembelaan atau persidangan terhadap tersangka. [pp/rs]

XS
SM
MD
LG