Tautan-tautan Akses

AS

Angkatan Laut AS Temukan Mayat Awak yang Hilang dalam Tabrakan USS McCain


Kapal USS John S McCain, 21 Agustus 2017 (Foto: dok).

Angkatan Laut Amerika menyatakan para penyelam telah menemukan mayat ke-dua dari USS John S McCain, kapal Angkatan Laut yang bertabrakan dengan sebuah kapal niaga awal pekan ini.

Dalam pernyataan yang dilansir Jumat, Angkatan Laut mengidentifikasi awak tersebut sebagai Dustin Louis Doyon asal Connecticut yang berusia 26 tahun. Para penyelam menemukan mayat Kenneth Aaron Smith, awak berusia 22 tahun asal New Jersey, pada hari Kamis.

Delapan awak lainnya masih belum ditemukan setelah tabrakan hari Senin dengan kapal Alnic MC yang berbendera Liberia di perairan dekat Malaysia dan Singapura.

Angkatan Laut menyatakan lebih banyak lagi penyelam dan peralatan yang tiba semalam untuk melanjutkan operasi pencarian dan pemulihan di dalam ruang-ruang kapal yang kebanjiran. Upaya pencarian dan penyelamatan dihentikan hari Kamis untuk berfokus pada operasi pemulihan.

Armada ke-7 Amerika dalam lambannya menyatakan, setelah lebih dari 80 jam upaya pencarian multinasional, Angkatan Laut Amerika menghentikan upaya pencarian dan penyelamatan awak USS John S McCain yang hilang di daerah seluas kira-kira 2.100 mil persegi di sebelah utara Selat Malaka dan Singapura.

Tabrakan menjelang subuh itu adalah kecelakaan besar ke-empat bagi Armada Pasifik Amerika tahun ini, dan ini mendorong dilakukannya evaluasi terhadap operasinya. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG