Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Serikat Buruh Tambang di Idaho Capai Perjanjian Final


Anggota-anggota serikat pekerja yang mewakili pekerja tambang di Idaho, United Steelworkers Local 5114 mendukung perjanjian untuk mengakhiri pemogokan selama 2,5 tahun. (Foto: ilustrasi).

Anggota-anggota serikat pekerja yang mewakili pekerja tambang di Idaho, Senin (6/1) memilih untuk mendukung perjanjian untuk mengakhiri pemogokan selama 2,5 tahun.

The Spokesman Review melaporkan United Steelworkers Local 5114 menerima usul perusahaan tambang Hecla Mining Company setelah hasil pemungutan suara berpihak pada perjanjian tersebut, 86-78.

Perjanjian itu tercapai setelah usul tentatif yang disampaikan sebelumnya ditolak oleh mayoritas anggota serikat buruh itu November lalu. Hecla Mining mengatakan setelah penolakan itu pihaknya akan menyelaraskan rekrutmen lebih banyak pekerja, termasuk pekerja kontrak, agar dapat tetap mencapai produksi penuh tambang itu pada akhir tahun ini.

United Steelworkers mewakili sekitar 200 pekerja di Lucky Friday Mine di dekat Mulan, Idaho.

Serikat pekerja dan perusahaan itu melangsungkan pertemuan kembali Desember lalu untuk membahas keprihatinan tersebut. Pertemuan itu berlangsung selama lima jam lebih.

Berdasarkan perjanjian itu, pekerja diharapkan akan mulai kembali bekerja secara bertahap setelah tes fisik dan narkoba, dan akan mendapat akomodasi yang memadai seperti sebelum masa pemogokan, termasuk bonus seribu dolar Amerika.

Anggota-anggota serikat buruh melakukan pemogokan pada Maret 2017 lalu setelah usul perubahan tugas pekerjaan, tunjangan perawatan kesehatan, penjadwalan libur dan bonus tidak mendapat tanggapan serius.

Pemogokan itu telah merugikan perusahaan itu lebih dari 14 juta dolar tahun lalu. Sejak terjadinya pemogokan, produksi perak di tambang itu anjlok hingga 19 ribu kilogram. [em/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG