Tautan-tautan Akses

Anggota Parlemen Inggris Tuntut Penyelidikan Terhadap Dokumen Tentang Trump


ARSIP - Norman Fowler, jurubicara Dewan Bangsawan yang baru di kamar Dewan Bangsawan selama masa awal jabatannya (5/9/2016). London, Inggris. (foto: REUTERS/Kirsty Wigglesworth)

Tuntutan akan peran badan keamanan Inggris dalam penanganan dokumen intelijen Trump yang kontroversial dan dipersiapkan oleh mantan anggota intelijen negara itu telah diajukan oleh para anggota parlemen negara kerajaan itu.

Anggota-anggota parlemen Inggris menuntut penyeldikan terhadap peran dari badan keamanan Inggris dalam penanganan dokumen intelijen Trump yang kontroversial itu serta yang dipersiapkan oleh mantan anggota intelijen negara itu.

Kekhawatiran semakin besar di London bahwa tuduhan seksual yang termuat dalam dokumen setebal 35 halaman itu dan terkait presiden terpilih Donald Trump bisa mempengaruhi hubungan antara Inggris dan Amerika.

Anggota parlemen mengatakan, komite pengawasan intelijen parlemen Inggris harus meluncurkan sebuah penyelidikan apakah badan intelijen dan kementerian pemerintah, termasuk PM Theresa May, melihat dokumen yang dipersiapkan oleh Christopher Steele itu, seorang mantan anggota badan intelijen asing MI 6.

Dan mereka ingin tahu apakah pemerintah sempat mengkaji dokumen itu dari segi keakuratannya, termasuk informasi seksual dan merugikan yang bisa dipakai untuk mendiskreditkan Trump sebelum meneruskannya kepada FBI. [jm]

XS
SM
MD
LG