Tautan-tautan Akses

Anggota Oposisi Terkemuka Kongo Meninggal karena Covid-19


Pierre Lumbi dalam foto yang diambil dari media sosial. (Foto: Facebook @yeswecanfatshihautkatanga)

Seorang politisi besar dan anggota oposisi terkemuka Kongo telah meninggal dunia karena Covid-19.

Media DRC melaporkan keluarga Pierre Lumbi mengumumkan kematiannya di Kinshasa pada Minggu (14/6). Usia pastinya tidak diketahui.

Lumbi merupakan seorang pemimpin oposisi dan pernah bekerja sebagai manajer kampanye Martin Fayulu ketika Fayulu mencalonkan diri sebagai presiden pada 2018, tapi gagal.

“Sangat sedih dengan kematian Senator P. Lumbi,” cuit Fayulu.

Wakil Direktur Afrika pada Human Rights Watch, Ida Sawyer, mencuit bahwa dia juga "sangat sedih" mendengar kematian Lumbi. "Saya punya banyak kenangan, berbincang bersamanya selama bertahun-tahun. Duka cita sedalam-dalamnya bagi keluarga dan teman."

Juga Minggu (14/6), presiden Ghana Nana Akufo-Addo, mengatakan menteri kesehatannya terjangkit virus corona. Dia mengatakan Kwaku Agyeman Manu dalam keadaan stabil dan mendoakan agar "menteri kesehatan yang giat bekerja keras, segera sembuh dari virus itu, yang menjangkitinya ketika dia bekerja."

Akufo-Addo mengatakan para pelajar SMA dan mahasiswa akan diperbolehkan masuk kelas pada Senin (15/6). Ghana termasuk negara-negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di Afrika Barat, tapi dengan salah satu tingkat kematian terendah karena tes skala besar, kata para pakar. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG