Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres AS Desak Biden Bertemu dengan Dalai Lama


Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama berdoa dalam sesi ibadah khusus di Kuil Mahabodhi di Bodh Gaya, pada 10 Januari 2010. (Foto: AFP/Diptendu Dutta)
Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama berdoa dalam sesi ibadah khusus di Kuil Mahabodhi di Bodh Gaya, pada 10 Januari 2010. (Foto: AFP/Diptendu Dutta)

Para anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari lintas partai pada Selasa (14/12) mendesak Presiden Joe Biden untuk bertemu dengan Dalai Lama dalam surat yang diajukan sebagai bagian dari upaya memastikan bahwa hak-hak warga Tibet tetap menjadi agenda utama.

Sejak George H.W. Bush pada tahun 1991, setiap presiden AS yang menjabat telah bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet kecuali Donald Trump ketika Dalai Lama, yang kini berusia 86 tahun, mengurangi kepadatan jadwal perjalanannya yang sebelumnya sangat sibuk.

Dalam surat serupa, 38 senator dan 27 anggota DPR juga meminta Amerika Serikat untuk menekan Beijing agar melanjutkan dialog dengan perwakilan Dalai Lama. Dialog terakhir antara kedua pihak terjadi 12 tahun lalu.

“Presiden Biden dapat menunjukkan pentingnya pesan moral dan teladan Dalai Lama dengan mengundang beliau untuk bertemu di Ruang Oval,” kata surat Senat tersebut.

Jika Dalai Lama tidak dapat melakukan perjalanan, para senator mengatakan Biden hendaknya mengirim Wakil Presiden Kamala Harris atau pejabat senior lainnya untuk menemuinya di India, tempat peraih Nobel Perdamaian itu tinggal sejak melarikan diri dari serangan China di wilayah Tibet pada 1959.

Dalai Lama tidak mengunjungi Washington selama kepresidenan Trump dan pandemi COVIUD-19 mengganggu jadwal perjalanannya, sehingga kesempatan untuk mengadakan pertemuan menjadi terbatas.

Trump kemudian menjadi kritikus yang gencar terhadap China. Baik pemerintahan Trump dan Biden telah meningkatkan kritik atas perlakuan Beijing terhadap kelompok minoritas lain, yang sebagian besar diantaranya adalah kelompok Muslim Uyghur, dan menggambarkan tindakan keras yang dilakukan China terhadap kelompok tersebut sebagai genosida. [lt/jm]

XS
SM
MD
LG