Tautan-tautan Akses

Anak dan Menantu Trump Bertemu Pengacara Terkait Kremlin


Penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner, menyimak dalam sebuah pertemuan dengan pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas, di Gedung Putih hari Rabu, 3 Mei 2017 di Washington, D.C. (foto: AP Photo/Evan Vucci)

Pertemuan antara seorang pengacara Rusia dan putra tertua, menantu laki-laki, dan ketua kampanye Donald Trump tampaknya menjadi pertemuan pribadi paling awal yang diketahui antara pembantu utama presiden dan orang Rusia.

Putra tertua, menantu laki-laki dan ketua kampanye Donald Trump bertemu seorang pengacara Rusia tak lama setelah Trump dinominasi Partai Republik sebagai calon presiden, dalam apa yang tampaknya pertemuan pribadi paling awal yang diketahui antara pembantu utama presiden dan orang Rusia.

Pihak Donald Trump Jr. dan Jared Kushner mengukuhkan pertemuan Juni 2016 itu kepada kantor berita the Associated Press hari Sabtu setelah harian the New York Times melaporkan hari Sabtu tentang pertemuan antara kedua laki-laki itu dan pengacara Rusia, Natalia Veselnitskaya di Trump Tower. Ketua kampanye Trump kala itu, Paul Manafort, juga hadir, menurut pernyataan Donald Trump Jr.

Ia menggambarkannya sebagai 'pertemuan pengantar singkat' di mana ketiganya membahas program yang sudah dihapus yang memungkinkan warga Amerika mengadopsi anak-anak Rusia. Rusia mengakhiri adopsi itu sebagai tanggapan atas sanksi Amerika terhadap negara itu setelah kematian pengacara yang dipenjara tahun 2009 karena berbicara tentang skandal korupsi. Trump Jr. mengatakan ia mengundang dua orang Amerika lain, diminta hadir oleh seorang kenalan yang tidak disebut namanya dalam pernyataan itu, dan sebelumnya tidak diberitahu mengenai siapa yang akan ditemui.

Pengacara Kushner Jamie Gorelick mengatakan kliennya telah mengungkap pertemuan itu dalam formulir yang direvisi, berupa daftar pertemuan dengan agen-agen asing.

Berbeda dengan Kushner, Trump Jr tidak bertugas dalam pemerintah dan tidak diwajibkan mengungkap orang asing yang menjadi kontaknya. Harian itu melaporkan hari Sabtu, mengutip orang-orang yang tidak disebut namanya yang mengetahui isu itu, bahwa Manafort mengungkap pertemuan itu kepada penyidik kongres yang menanyai kontak luar negerinya. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG