Tautan-tautan Akses

Anak-anak Somalia Melarikan Diri Dari Upaya Perekrutan Al-Shabab


Seorang anak laki-laki memimpin pasukan pejuang militan Islamis al-Shabab melakukan latihan militer di bagian utara Mogadishu. (Foto:dok)

Lebih dari 100 anak-anak mengungsi dari daerah-daerah yang dikuasai oleh kaum militan al-Shabab di Somalia tengah telah tiba di kota pantai Adale, berusaha mencari perlindungan, kata para pejabat.

Adale adalah kota perdagangan utama di dearah Shabelle Tengah, 220 kilomter sebelah timur laut Mogadishu.

Dalam wawancara dengan VOA Somali, komisioner daerah kota itu, Muse Mohamed Ahmed, mengatakan anak-anak yang melarikan diri itu menolak usaha rekrutmen baru AlShabab.

Ahmed mengatakan, “Al-Shabab memiliki sejumlah besar pejuang tua, karena itu mereka ingin merekrut anak-anak untuk mendukung pasukannya. Mereka telah mulai menculik anak-anak dari sekolah-sekolah lokal dan mereka yang tidak mau bergabung dengan mereka telah memutuskan untuk melarikan diri ke daerah-daerah yang dikuasai pemerintah.”(sp)

Dia memperkirakan bahwa sejauh ini, lebih dari 500 anak-anak telah melarikan diri dari desa-desa dan kota-kota kecil di Somalia tengah, terutama di daerah-daerah Galgudud, Hiraran dan Shabbelee Tengah.

XS
SM
MD
LG