Tautan-tautan Akses

Militer Amerika hari Jumat mengukuhkan bahwa sebuah serangan udara awal pekan ini menarget dan menewaskan seorang anggota senior kelompok ekstremis al-Shabab.

Ali Mohamed Hussein, yang menjabat sebagai gubernur bayangan al-Shabab untuk Mogadishu dan telah menjadi salah seorang anggota kelompok itu yang paling blak-blakan, tewas dalam serangan udara. Dia adalah satu-satunya orang yang tewas dalam serangan tersebut dan tidak ada warga sipil yang terluka, kata Komando Pasukan Amerika di Afrika dalam sebuah pernyataan.

“Amerika melakukan operasi ini dengan berkoordinasi dengan mitra-mitra regionalnya sebagai tanggapan langsung atas tindakan al-Shabab, termasuk serangan baru-baru ini terhadap pasukan Somalia,” bunyi pernyataan tersebut.

Hussein, yang juga dikenal sebagai Ali Jabal, dikenal karena memaksa kalangan dunia usaha di Mogadishu untuk “menyumbangkan” uang kepada militan Islamis tersebut.

Menteri informasi Somalia, Abdurahman Omar Osman, mengatakan kepada VOA bahwa Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed “menyetujui sebuah operasi dengan mitra-mitra internasional pada tanggal 30 Juli di dekat Tortoroow, menewaskan pemimpin kunci al-Shabab yang selama ini berada di balik pemboman dan pembunuhan di Mogadishu.”

XS
SM
MD
LG