Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Serikat Libur Nasional, Rayakan Hari Buruh


Beberapa orang terlihat tengah menikmati cuaca sejuk di Central Park pada awal akhir pekan Hari Buruh di New York, 3 September 2016. (Foto: REUTERS/Mark Kauzlarich)

Hari ini, Senin pertama bulan September di Amerika Serikat, adalah Hari Buruh, hari libur untuk menghormati pekerja Amerika dan sumbangan mereka bagi ekonomi negara.

Hari tersebut menjadi hari libur resmi tahun 1894 setelah tuntutan serikat-serikat buruh Amerika. Selama puluhan tahun, kota-kota besar menggunakan hari itu untuk melancarkan pawai-pawai besar menghormati para pekerja pabrik anggota serikat buruh.

Serikat-serikat buruh mengalami penurunan jumlah anggota secara tetap dalam 30 tahun ini yang bersamaan dengan pertumbuhan teknologi dan globalisasi ekonomi dunia. Namun, hasil perjuangan serikat buruh puluhan tahun lalu masih tetap dipatuhi di sebagian besar tempat-tempat kerja, termasuk lima hari kerja seminggu, asuransi kesehatan dan cuti dengan mendapat gaji dari majikan.

Banyak anggota serikat buruh sekarang bekerja pada pemerintah setempat, negara-bagian, dan federal dengan pekerjaan kerah-putih, bukan pekerjaan kasar di pabrik-pabrik di mana gerakan serikat buruh dimulai.

Hari libur hari ini juga merupakan isyarat tidak resmi berakhirnya musim panas di Amerika Serikat. Sebagian besar pekerja mendapat hari libur. Di beberapa daerah, Hari Buruh adalah hari terakhir sebelum tahun-ajaran sekolah dimulai bagi anak-anak. [gp]

XS
SM
MD
LG