Tautan-tautan Akses

Amerika, Meksiko Gencarkan Perang Lawan Narkoba, Kekerasan


Wakil Menteri Luar Negeri AS, John J. Sullivan, mengatakan dalam konferensi pers di Washington, 14 Desember 2017, pemerintahan Trump menolak untuk mengabaikan masalah kejahatan lintas negara.

Para pejabat tinggi Amerika dan Meksiko, Kamis (14/12), sepakat untuk meningkatkan upaya memerangi bisnis mematikan yang dijalankan organisasi kejahatan lintas negara atau TCO.

Dalam pertemuan di Departemen Luar Negeri, di Washington, Wakil Menteri Luar NegeriAmerika John Sullivan mengatakan obat-obat terlarang yang dijual TCO tersebut menimbulkan banyak korban diAmerika dan Meksiko.

Lebih dari 64.000 orang Amerika meninggal akibat overdosis obat tahun lalu.

Sullivan mengatakan korban tewas dari opioid sintetis saja, membunuh lebih banyak orang daripada heroin dan obat penghilang rasa sakit yang diperoleh dengan resep, dan menambahkan bahwa kerja sama erat adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah yang tidak memperhatikan perbatasan internasional.

"Pemerintah Amerika tidak mau mengabaikan masalah itu. Amerika tidak akan menghindari masalah itu," kata Sullivan. "Itulah sebabnya Presiden Donald Trump telah membuat komitmen untuk melawan epidemi opioid yang telah menghancurkan kehidupan banyak orang dan keluarga di seluruh negara kita."

Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray mengatakan ruang lingkup masalah narkoba menuntut Amerika dan Meksiko bekerja sama dalam saling berbagi informasi untuk mengatasi TCO dan aktivitas mereka.

"Ribuan orang Amerika meninggal karena terlalu banyak meminum obat itu. Ribuan orang Meksiko tewas akibat kekerasan yang ditimbulkan perdagangan narkoba ilegal.Dan kita hanya bisa mengatasi masalah ini dengan bekerja sama, "kata Videgaray. [sp/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG