Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Kirim 300 Marinir ke Helmand, Afghanistan


Tentara Pasukan Khusus AS berbicara satu sama lain sebelum mereka meninggalkan pangkalan mereka di Helmand, Afghanistan, 28 September 2015. (Foto: dok).

Juru bicara misi Amerika di Afghanistan, Kapten Marinir Bill Salvin mengatakan personil marinir itu akan mulai dikirim kesana tahun ini dan akan berada di propinsi itu selama sembilan bulan.

Amerika akan mengirim sekitar 300 marinir ke propinsi Helmand di bagian selatan Afghanistan, untuk melatih, memberi nasehat dan membantu pasukan keamanan Afghanistan melawan dan mengusir pemberontak Taliban dari kawasan yang kaya opium itu.

Juru bicara misi Amerika di Afghanistan, Kapten Marinir Bill Salvin mengatakan personil marinir itu akan mulai dikirim kesana tahun ini dan akan berada di propinsi itu selama sembilan bulan, di mana mereka akan bekerjasama dengan tentara dan polisi nasional yang diperbantukan pada militer Afghanistan.

“Korps Marinir telah memiliki sejarah operasi yang panjang di Afghanistan, khususnya di propinsi Helmand. Memberi nasehat dan membantu pasukan keamanan dan pertahanan akan menjaga pencapaian yang telah diraih bersama warga Afghanistan,” ujar Salvin.

Amerika dan NATO secara resmi sudah mengakhiri misi tempur di Afghanistan pada akhir tahun 2014, tetapi ribuan tentara masih berada di negara itu, dimana mereka melatih dan membantu pasukan Afghanistan dan melakukan operasi kontra-teroris.

Taliban telah memerangi pasukan Afghanistan di sejumlah daerah, dan pertempuran semakin meningkat di Helmand dimana dalam beberapa bulan terakhir ini kelompok gerilyawan itu telah berulangkali menyerang ibukota propinsi Lashkar Gah. (em/ii)

XS
SM
MD
LG