Tautan-tautan Akses

Taliban Anggap Enteng Tambahan Pasukan AS


Pasukan khusus Afghanistan dan polisi bersiap-siap bertempur melawan Taliban di pinggiran Lashkar Gah, ibukota Helmand, Afghanistan, 10 Oktober 2016.

Taliban menganggap enteng rencana Amerika mengirim 300 tentara tambahan ke provinsi Helmand, Afghanistan selatan, dengan mengatakan tambahan tersebut tidak ada artinya dan hanya memberi semangat kepada pasukan Afghanistan dan diharapkan mereka dapat bertahan sampai musim semi.

Pemberontak telah merebut sebagian besar daerah-daerah di Helmand sejak NATO mengakhiri misi tempur dan sebagian besar pasukan Amerika ditarik tahun 2014 dari provinsi penghasil candu terbesar itu.

Dengan pertolongan kekuatan udara dan penasehat militer Amerika di darat, pemerintah Afghanistan dalam beberapa bulan ini mampu mempertahankan kekuasaan di ibukota provinsi, Lashkar Gah, yang tetap diserang Taliban.

Pemberontakan Islamis telah mencapai kemajuan walaupun adanya kehadiran pasukan asing yang dipimpin Amerika dan “kedatangan ratusan tentara tidak akan menghambat kemajuan mereka,” kata pernyataan Taliban hari Minggu (8/1).

Pernyataan itu lebih lanjut mengatakan bahwa “tindakan tersebut adalah usaha sia-sia yang terakhir Presiden Barack Obama.”

Korps Marinir Amerika mengumumkan pekan lalu mereka akan mengerahkan satuan tugas 300 marinir ke provinsi yang gawat itu tahun ini sebagai bagian dari misi penasehat NATO di negara itu.

“Korps marinir mempunyai sejarah operasi di Afghanistan, khususnya di provinsi Helmand” dan “akan membantu mempertahankan kemajuan yang dicapai bersama dengan pasukan Afghanistan,” katanya. [gp]

XS
SM
MD
LG