Tautan-tautan Akses

AS Kerahkan Satu Gugus Penyerang ke Semenanjung Korea


Pesawat jet AU US F-18 mendarat di kapal induk USS Carl Vinson (CVN 70) setelah patroli rutin di Laut China Selatan yang disengketakan, 3 Maret 2017.

Angkatan Laut Amerika mengerahkan satu gugus penyerang ke Semenanjung Korea untuk memperkuat kehadiran Amerika di sana dan mengirim pesan kepada Korea Utara, yang pekan lalu melakukan percobaan misil balistik tanpa memperdulikan larangan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Gugus penyerang Carl Vinson sedang singgah di pelabuhan Singapura dan tadinya dijadwalkan berlayar ke Australia ketika Komando Pasifik Amerika memerintahkan kapal-kapal tersebut beralih ke utara.

“Kapal-kapal Armada Ketiga beroperasi di baris depan dengan tujuan mengamankan kepentingan Amerika di Pasifik Barat,” kata Dave Benham, Direktur Operasi Media Armada Ketiga Komando Pasifik Amerika kepada VOA.

“Ancaman nomor satu di kawasan itu tetap Korea Utara, karena program percobaan misil dan usahanya mencapai kemampuan senjata nuklir yang gegabah, tidak bertanggung-jawab dan menggoyahkan,” kata Benham.

Gugus penyerang itu mencakup kapal indukyang mempunyai nama yang sama USS Carl Vinson, serta tiga kapal perusak yang bersenjata peluru kendali.

Pyongyang telah berkali-kali membangkang terhadap peringatan internasional mengenai peluncuran misil dan percobaan bom nuklirnya.

Hari Minggu, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Utara dikutip media pemerintah mengatakan Korea Utara akan meningkatkan pertahanan negara untuk melindungi diri terhadap serangan udara seperti yang dilakukan Amerika terhadap Suriah pekan lalu. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG