Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Sekitar Laut China Selatan Buka Pariwisata


Gambar satelit ini menampilkan pulau Woody, pulau terbesar di kepulauan Paracel (Foto: dok).

Negara-negara sekitar Laut China Selatan yang disengketakan sedang membuka pulau-pulau kecil, sebagian bekas pulau karang yang kecil, untuk pariwisata sebagai cara untuk membuktikan klaim wilayah, tetapi kecenderungan itu diperkirakan akan gagal dalam jangka panjang karena kurangnya manfaat ekonomi.

Pada awal Maret, kapal pesiar dari China membawa 300 orang ke laut Kepulauan Paracel, yang mendatangkan kecaman dari Vietnam, yang juga mengklaim pulau-pulau kecil itu. Kapal pesiar pertama China bertolak menuju kepulauan Paracel tahun 2013, dan bulan Desember maskapai China membuka penerbangan charter dari kota Haikou di selatan ke pulau terbesar Paracel, Pulau Woody.

Para wisatawan Vietnam berkunjung ke pulau negara mereka di kepulauan Spratley yang disengketakan untuk mendukung klaim mereka, kata Frederick Burke, dari kantor penasehat hukum Baker & McKenzie di Kota Ho Chi Minh.

Malaysia mengizinkan wisatawan berkunjung ke salah satu pulaunya di kepulauan Spratly dan Taiwan belum menutup kemungkinan gagasan tersebut di bagian lain laut itu. [gp]

XS
SM
MD
LG