Tautan-tautan Akses

Amerika Desak China untuk Ubah Sikapnya terhadap Korea Utara Jelang Perundingan Keamanan Antara Kedua Negara


Menlu AS, Rex Tillerson, kanan, dan Menhan AS, Jim Mattis, berpartisipasi dalam pembicaraan di Government House di Sydney untuk Musyawarah Tingkat Menteri Australia-AS 2017 (AUSMIN) hari Senin, 5 Juni 2017 (foto: Mark Metcalfe/Pool Photo via AP)

Menjelang perundingan keamanan tingkat tinggi dengan Beijing, Amerika mendesak China agar memainkan peran lebih besar dalam memerangi terorisme global dan mengubah sikapnya terhadap Korea Utara.

Amerika mendesak China agar memainkan peran lebih besar dalam memerangi terorisme global dan mengubah sikapnya terhadap Korea Utara, menjelang perundingan keamanan tingkat tinggi dengan Beijing.

Putaran pertama dari Dialog Diplomatik dan Keamanan Amerika China dimulai Rabu di Washington. Menlu Rex Tillerson dan Menhan James Mattis akan jadi tuan rumah untuk delegasi China yang dipimpin oleh anggota dewan negara Yang Jiechi dan Jenderal Fang Fenghui, kepala Departemen Staf Gabungan Tentara Pembebasan Rakyat China.

Pejabat senior Amerika mengatakan, China berperan terbatas dalam upaya kontra terorisme. China bukan anggota koalisi global 68 negara yang melawan ISIS.

“Kami ingin mereka meningkatkan peran mereka dan mengambil tanggung jawab lebih besar,” kata Pejabat Asisten Menlu untuk Asia Timur Susan Thornton.

Thornton mengatakan China punya banyak kepentingan di Irak dan Amerika berpendapat, negara ini seharusnya melakukan lebih banyak dan menyumbang kepada upaya koalisi internasional untuk mengalahkan ISIS. [jm]

XS
SM
MD
LG