Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Akhiri Ijin Tinggal Sementara untuk Warga Haiti


Pierrot Mervillier, tengah belakang, memeluk seorang anak perempuan yang tidak diungkap identitasnya, setelah keluarganya berbicara kepada media, 22 Mei 2017, di Miami. Anak perempuan Haiti itu tinggal di Amerika dengan Status Terlindungi Sementara. (Foto:Dok)

Setelah bertahun-tahun terlindung dari deportasi dari Amerika, selagi negara mereka berusaha pulih dari bencana gempa hebat pada 2010, puluhan ribu warga Haiti akan kehilangan perlindungan atas status keimigrasian mereka.

“Secara keseluruhan, kondisi luar biasa tetapi sementara, yang menjadi dasar pemberian status terlindung itu dinilai telah membaik, sehingga tidak menghalangi para warga Haiti untuk pulang dengan selamat,” kata seorang pejabat senior pemerintahan Trump dalam sebuah taklimat. Pengumuman itu dikeluarkan menjelang tenggat, Kamis (23/11) untuk keputusan terkait warga Haiti.

Sekitar 50.000 warga Haiti yang tinggal dan bekerja di Amerika akan kehilangan Status Terlindung Sementara.

Perlindungan itu habis masa berlakunya 22 Juli, 2019, sehingga ada waktu 18 bulan bagi warga Haiti yang tinggal di Amerika untuk pulang atau melegalkan statusnya di Amerika. Warga Haiti yang memiliki status terlindung itu memiliki waktu 60 hari untuk menyerahkan permohonan memperpanjang status sampai tenggat 2019 itu. pihak berwenang menjelaskan bahwa warga Haiti yang berstatus terlindung tidak akan diproses untuk dideportasi sampai tenggat 22 Juli 2019. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG