Tautan-tautan Akses

Seorang Laki-Laki Serang Rumah Wapres Kenya dengan Golok


Presiden Kenya (kanan) berbicara dengan Wakil Presiden William Ruto dalam peresmian kereta api kargo di Mombasa, Kenya, 17 Mei 2017. Seorang laki-laki bersenjata menyerang dan melukai penjaga di kediaman Ruto, Sabtu (29/7). (Foto:Dok)

Seorang laki-laki bersenjata golok menyerang dan melukai seorang penjaga di kediaman Wakil Presiden Kenya William Ruto, kemudian memasuki kawasan itu, demikian pernyataan kepala polisi Kenya Joseph Boinnet hari Sabtu (29/7).

Boinnet mengatakan pasukan khusus yang dikirim berhasil menemukan laki-laki yang bersembunyi di sebuah gedung yang belum selesai dibangun. Belum jelas apa yang terjadi pada laki-laki tersebut.

Associated Press mengutip laporan Capitol FM Radio menyatakan seorang laki-laki bersenjata yang tidak dikenal memasuki kediaman Ruto Sabtu siang, beberapa saat setelah Ruto meninggalkan tempat itu untuk berkampanye dengan presiden menjelang pemilu ulangan 8 Agustus nanti. Kediaman Ruto berada dekat Eldoret, 312 kilometer barat daya Nairobi.

Sejumlah analis khawatir akan merebaknya aksi kekerasan dalam pemilu itu dan kelompok ekstremis Al Shabab baru-baru ini mengancam akan menggagalkan pemilu tersebut.

Al Shabab telah melancarkan lebih dari 100 serangan di Kenya sejak tahun 2011 untuk membalas kebijakan pengiriman pasukan ke Somalia yang menjadi markas utama Al Shabab. (em)

XS
SM
MD
LG