Tautan-tautan Akses

AS

Aktivis Anti dan Pro-Aborsi di AS Kembali Berunjuk Rasa


Di luar klinik-klinik Planned Parenthood di seluruh AS hari Sabtu (11/2), para demonstran anti hak aborsi melakukan protes, termasuk di Evansville, Indiana.

Para aktivis anti-aborsi yang didukung pemerintah baru Presiden AS Donald Trump hari Sabtu (11/2) melangsungkan demonstransi di seluruh Amerika, menyerukan penghentian anggaran federal untuk “Planned Parenthood”. Namun di beberapa kota lain demonstran pro-aborsi menghadang protes tersebut.

Ribuan pendukung “Planned Parenthood” – yang sebagian besar mengenakan topi berwarna pink yang berbentuk kepala kucing – memadati jalan-jalan di kota St.Paul, Minnesota, dan hanya dipisahkan dengan barikade ketika berhadapan dengan pendukung anti-aborsi.

Di Detroit, Michigan, sekitar 300 orang berdemonstrasi di depan kantor “Planned Parenthood”, sebagian besar mendukung organisasi itu.

Sementara di St. Louis, Missouri, ribuan orang berdemonstrasi mendukung hak reproduksi perempuan, dimana sebagian diantaranya membawa spanduk bertuliskan “Saya Mendukung Planned Parenthood”.

Kathy Brown, pendukung “Planned Parenthood” yang ikut berdemonstrasi di St. Louis hari Sabtu mengatakan “organisasi itu telah melakukan banyak hal untuk membantu orang memahami hak-hak kesehatan reproduksi mereka, bukan saja soal aborsi, dan mereka juga membantu memberikan alat kontrasepsi, pemeriksaan kanker, konseling, dan beragam layanan lain.

"Saya sangat prihatin ketika mereka diserang seperti ini," ujarnya.

Sementara Andy LaBine yang berdemonstrasi di Ramsey, Minnesota, bersama kelompok anti-aborsi mengatakan ia yakin “Planned Parenthood” berlindung di balik layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Saya pribadi percaya bahwa aborsi adalah bentuk ketidakadilan terhadap kemanusiaan," ujar perempuan berusia 44 tahun itu. [em]

XS
SM
MD
LG