Tautan-tautan Akses

AS

Penentang Aborsi Demo di Washington, Sambut Perubahan di Bawah Trump


Ribuan aktivis anti aborsi melakukan unjuk rasa tahunan di Washington DC hari Jumat (27/1).

Ribuan aktivis anti aborsi menuju Washington DC hari Jumat (27/1) untuk pertemuan tahunan 'Demonstrasi untuk Hidup', pertemuan tahunan yang tahun ini mendapat semangat dengan perubahan yang diharapkan di bawah pemerintahan Donald Trump dan Kongres yang dikuasai Partai Republik, Wakil Presiden Mike Pence, penentang lama aborsi berpidato pada demonstrasi itu dekat gedung Capitol.

“Kehidupan menang,” kata Pence kepada demonstran selama pidatonya hari Jumat.

Sebelum Pence berpidato, Presiden Trump memasang pesan di Twitter yang menyampaikan dukungannya bagi demonstrasi itu. Ia memasang pesan “Saya mendukung anda sepenuhnya”.

Hanya beberapa hari setelah setengah juta orang berdemonstrasi untuk perlindungan hak-hak reproduksi selama pemerintahan baru itu, para demonstran Demonstrasi untuk Kehidupan yang ke 45 berjalan di jalan-jalan yang sama, memprotes keputusan MA tahun 1973 Roe lawan Wade yang melegalkan aborsi.

Kedua demonstrasi itu yang hanya berselang beberapa hari menunjukkan salah satu isu yang paling dipertentangkan menggambarkan kedua pihak tidak berniat untuk mundur dengan Kongres dan tindakan eksekutif memberi harapan baru bagi perjuangan para aktivis anti aborsi.

Pada salah satu tindakannya di Oval Office, Presiden Trump menandatangani keppres yang memberlakukan apa yang dikenal sebagai “kebijakan kota Meksiko” yang mencegah bantuan dana Amerika diberikan kepada organisasi asing manapun yang mendukung aborsi. [my/al]

XS
SM
MD
LG