Tautan-tautan Akses

Afghanistan Kecam Operasi Anti-ISIS Pakistan


FILE - Petugas keamanan bersenjata Afghanistan berjaga di pos pemeriksaan di distrik Achin, provinsi Nangarhar timur.

Pakistan dan Afghanistan terus melakukan operasi terhadap militan ISIS yang beroperasi di perbatasan mereka, tetapi ada tanda-tanda bahwa kedua negara itu tidak berkomunikasi, sehingga usaha itu kurang efektif.

Pekan ini, Pakistan mengatakan mereka baru saja menyelesaikan tahap pertama operasinya “Khyber 4” terhadap militan ISIS di provinsi Khyber Paktunkhwa negara itu.

“Tempat-tempat persembunyian teroris dihancurkan, dan timbunan bom rakitan, senjata dan amunisi direbut," kata media Angkatan Darat Pakistan.

Namun, para pejabat pertahanan Afghanistan mengatakan kepada VOA bahwa Afghanistan dan Pakistan telah sepakat mereka akan saling memberi informasi mengenai rencana operasi terhadap ISIS di kedua sisi garis Durand, tapi Pakistan tidak berbuat demikian dalam operasinya baru-baru ini terhadap ISIS.

“Berdasarkan persetujuan kedua pihak akan saling memberi informasi berdasarkan pada operasi mana akan dilakukan dibawah pengawasan Amerika dan China. Pakistan tidak melakukan hal ini,” kata Mayor Jenderal Daulat Wazini, jurubicara kementerian pertahanan Afghanistan kepada VOA. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG