Tautan-tautan Akses

Acara Dalai Lama Dipindah ke Luar Ibu Kota India


Dalai Lama di Dharamsala (Foto: dok).

Sebuah acara penting yang rencananya akan dihadiri oleh pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama untuk memperingati awal dari tahun ke-60 di pengasingan di India telah dipindahkan dari New Delhi ke Dharamsala beberapa hari setelah India mengatakan kepada para pejabat tinggi negara itu agar tidak menghadiri acara tersebut, dan menyebutnya “waktu yang sangat sensitif” bagi hubungan dengan China.

Sonam Dagpo, juru bicara pemerintah Tibet di pengasingan mengatakan kepada VOA, “Kami mengetahui tentang surat edaran pemerintah India itu dan kami memutuskan untuk menghormati posisi tersebut dan kami memindahkannya ke Dharamsala.”

Sebuah arahan dari birokrat terkemuka India yang mengatakan bahwa pejabat India ini “tidak diinginkan" untuk berpartisipasi dalam acara-acara itu pertama kali dilaporkan dalam surat kabar Indian Express.

Baca juga: Tawanan Politik Tibet Melarikan Diri ke California

Acara umum Dalai Lama bertajuk “Terima Kasih India” pada tanggal 1 April merupakan puncak rangkaian acara tahunan yang direncanakan oleh pemerintah Tibet di pengasingan yang berbasis di Dharamsala. Upacara penanaman pohon oleh Dalai Lama yang dijadwalkan pada hari sebelumnya di New Delhi telah dibatalkan.

Langkah untuk menjauh dari acara-acara pemimpin Tibet itu dipandang sebagai upaya New Delhi untuk tidak membuat marah China ketika hubungan antara kedua negara mengalami ketegangan. [lt]

XS
SM
MD
LG