Tautan-tautan Akses

Operasi Gabungan AS, Pakistan Tangkap Komandan Senior Taliban


<!-- IMAGE -->

Pejabat Amerika dan Pakistan mengatakan operasi rahasia gabungan yang melibatkan agen-agen intelijen dari kedua negara telah menangkap komandan militer senior Taliban Afghanistan beberapa hari lalu di Karachi.

Para pejabat menggambarkan komandan Afghanistan itu, Mullah Abdul Ghani Baradar, sebagai orang kedua yang paling berpengaruh setelah pendiri Taliban Mullah Muhammad Omar. Mereka mengatakan ia adalah tokoh Taliban yang paling penting yang ditahan sejak perang Afghanistan di mulai akhir tahun 2001.

Menteri Dalam Negeri Pakistan tidak mengkonfirmasi maupun menyangkal penahanan Baradar hari Selasa, sementara Gedung Putih menolak berkomentar. Taliban di Afghanistan menyangkal Baradar telah ditangkap dan menyebut laporan itu sebuah desas desus dan upaya memecah belah.

Agen-agen intelijen Pakistan dan Amerika mengatakan mereka akan menginterogasi Baradar yang memimpin operasi militer harian dan Ketua Dewan Pelaksana Politik Taliban.

Para pejabat mengatakan penangkapan Baradar mengisyaratkan tingkat kerjasama baru antara badan-badan intelijen Pakistan dan Amerika.



XS
SM
MD
LG