Tautan-tautan Akses

Obama Tetap Akan Bertemu dengan Dalai Lama


<!-- IMAGE -->

Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bertemu dengan pemimpin kerohanian Tibet di pengasingan, Dalai Lama, walaupun Tiongkok telah memperingatkan bahwa pertemuan demikian akan merusak lebih jauh hubungan.

Seorang jurubicara Gedung Putih hari Selasa mengatakan Obama memberitahu para pemimpin Tiongkok ketika berkunjung ke sana tahun lalu bahwa ia akan bertemu dengan Dalai Lama. Jurubicara itu tidak mengatakan kapan pertemuan itu akan diadakan.

Dalai Lama datang ke Amerika tahun lalu, tidak lama sebelum Obama berangkat ke Tiongkok. Tetapi, presiden itu memutuskan tidak akan bertemu dengannya sampai setelah kunjungannya di Tiongkok.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Selasa bahwa walaupun ada perselisihan dengan Tiongkok, tidak ada tanda-tanda perubahan mendasar dalam hubungan Amerika-Tiongkok. Ia mengatakan ada masalah yang sudah lama, di mana kedua negara sependapat untuk tidak sependapat, tetapi ia mengatakan hubungan yang lebih luas tetap baik.


XS
SM
MD
LG