Tautan-tautan Akses

Tiongkok Pertegas Penolakan atas Pertemuan Obama – Dalai Lama


<!-- IMAGE -->

Tiongkok mengatakan pihaknya "secara tegas menentang" pertemuan antara Presiden Amerika Barack Obama dan Dalai Lama.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Tiongkok, Ma Zhaoxu, mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu bahwa Beijing menentang pertemuan antara pemimpin Amerika dan pemimpin spiritual Tibet di pengasingan itu dengan alasan apapun.

Tiongkok mengatakan pertemuan seperti itu akan semakin merugikan hubungan bilateral Amerika – Tiongkok.

Tanggapan Tiongkok itu datang sehari setelah jurubicara Gedung Putih memberi konfirmasi bahwa Obama merencanakan untuk memenuhi janjinya berbicara dengan Dalai Lama. Jurubicara itu tidak mengatakan kapan pertemuan itu akan diselenggarakan.

Dalai Lama berada di Amerika tahun lalu, tak lama sebelum Obama melakukan perjalanan ke Tiongkok. Tetapi Presiden memutuskan untuk tidak bertemu Dalai Lama setelah selesai mengunjungi Tiongkok.

Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Selasa mengatakan bahwa meskipun ada perbedaan faham dengan Tiongkok, tidak ada tanda-tanda perubahan mendasar dalam hubungan Amerika Tiongkok.

Ia mengatakan ada isu-isu yang sudah lama hadir diantara kedua negara dan kedua negara "sepakat untuk tidak sepakat", tetapi katanya hubungan lebih luas antara kedua negara berjalan dengan baik.


XS
SM
MD
LG